Wednesday, March 2, 2016

Tokopedia Versus Bukalapak



Mending Beli di Tokopedia atau Bukalapak ya? saya pilih dua-duanya, soalnya kalo ga nemu di satu tempat ato g nemu yang harganya srek pasti cek di toko sebelah dong hahaha.. Tapi mari coba kita bandingkan dari sisi fasilitas, tapi agak curang nih saya belum mengulas tentang bukalapak, maav ya sob.

1. Barang yang ditawarkan 
Tokopedia dan Bukalapak menawarkan varian barang yang hampir sama banyaknya. Keduanya sama-sama berbentuk mal online murni, yang hanya menyediakan 'wadah/tempat' berjualan, dan tidak menjual barang mereka sendiri. 

2. Metode Pembayaran 
Tokopedia dan Bukalapak sama-sana melayani pembayaran dengan Kartu Kredit, mandiri clickpay, ecash mandiri, Klikpay BCA, Transfer manual bank, dan saldo tokopedia/bukalapak cukup lengkap
untuk memudahkan kita saat berbelanja.

3. Notifikasi transaksi 
Sistem notifikasi keduanya hampir sama, setiap tahapan transaksi diinformasikan melalui email. Adapula yang diinformasikan melalui sms. Cukup membantu dan mengurangi kekhawatiran yang berlebihan. Sistemnya cukup bagus dan layak ditiru e-commerce lainnya. 

4. Penjual di dalamnya 
Keduanya memiliki sistem reputasi yang dapat membantu apakah penjual tersebut rekomended atau tidaknya.

5. Umur Situs 
Tokopedia jelas sudah lebih 'senior' daripada Bukalapak. Namun hal ini bukan berarti bukalapak reputasinya tidak sebagus tokopedia. 

6. Tampilan Website 
navigasi website keduanya hampir mirip, yang membedakan hanya warna dominan website. Kalau Tokopedia didominasi hijau, sedangkan bukalapak didominasi warna merah hati. 

7. Pengalaman Berbelanja 
Saya pernah melakukan transaksi di kedua situs. Cukup mudah dan terpercaya, karena transaksi harus melalui rekening tokopedia atau bukalapak, jadi saya mersa aman-aman saja, tidak khawatir kalau barang nggak sampai. Pernah sudah terlanjur pesan ternyata barang tidak tersedia, dan akhirnya uang direfund ke saldo tokopedia atau buka dompet bukalapak, dan jika mau kita redeem ke rekening kita sangat mudah sekali, nggak seperti di mal online 'sebelah' yang memakan waktu lebih dari 5 hari kerja. 

Load disqus comments

0 comments