Tuesday, March 1, 2016

Mengulas Kaskus part 2


Kembali lagi mengulas Kaskus, karena tema minggu ini tentang e-commece, saya ingin membahas FJB Kaskus alias Forum Jual Beli Kaskus. Menghindari maraknya tindak penipuan di FJB Kaskus, ada tips berbelanja aman di FJB Kaskus, berikut kisi-kisinya.


 
Lihat Reputasi Penjual
Reputasi sangat penting dalam jual beli online khususnya di dunia perkaskusan : 
Pertama kita bisa lihat ID si penjual, amati jumlah postingan si penjual. Kenapa, postingan ini sangat penting karena kaskuser yang aktif  biasanya sering berbincang-bincang di forum2 lain.


Kedua kita bisa lihat GRP nya atau Good Reputation Point nya, jelas semakin gede GRP nya semakin rekomended, berarti si kaskuser penjual ini terpercaya, karena yang bisa meniali atau memberikan GRP hanyalah akun2 kaskuser dengan postingan diatas 2.000




Ketiga lihat testimoni dari kaskuser lainnya, testimoni adalah rasa bangga pembeli kepada penjual yang diberikan khusus kepada penjual2 yang benar2 Recomended  Seller alias jujur terpercaya. Biasanya para penjual memperlihatkan bukti2 pengiriman barang yang pernah membeli di lapaknya.

Gunakan Metode Pembayaran yang aman 

Pertama kita bisa meminta si penjual untuk melakukan COD (Cash on Delivery) alias bayar ditempat. Ketemuan dengan si penjual.

Kedua gunakan Rekber atau rekening bersama, Rekber yaitu ada pihak ke-3  yang menjadi perantara antara penjual dan  pembeli, sperti ini kira2 gambaran sistemnya



Note : Carilah rekber yang terpercaya yang anda yakini jujur dalam memegang amanah, liat aja history di thread rekbernya , tetap hati2 karena ada rekber yang odong2 alias penipu.

Load disqus comments

0 comments