Dalam beberapa tahun ini perkembangan e-commerce di Indonesia begitu pesat. Perkembangan e-commerce tersebut diikuti dengan perkembangan UKM di tanah air. E-commerce memungkinkan brand atau wirausahawan lokal dapat memasarkan produknya ke daerah yang lebih luas tanpa ada batasan jarak dalam pemasaran produknya.Kemajuan e-commerce di Indonesia tidak hanya menghasilkan banyak pemain namu juga menghasil kan banyak jenis model bisnis baru. Maanfaat e-commerce pun tidak hanya firasakan oleh pengguna, namun juga spektrum yang lebih luas.
Selama brand lokal memiliki masalah dalam pemasaran produk lantaran adanya masalah pada jalur distribusi
off-line. Ketika ingin memasarkan produk, brand lokal harus mengeluarkan banyak biaya untuk menyewa tempat berjualan, semisal di pusat perbelanjaan.Biaya tersebut tentu berat bagi brand yang masing merangkak. Pasalnya, bagi pengelola pusat perbelanjaan, setiap meter lokasi adalah uang. Untuk menekan biaya sekaligus mengefisienkan pemasaran, e-commerce tentu dapat menjadi pilihan. Selama beberapa dekade pemilik local brand Indonesia sulit mendistribusi barang karena sulit mendorong tempat berjualan offline bisa menerima produk mereka.
off-line. Ketika ingin memasarkan produk, brand lokal harus mengeluarkan banyak biaya untuk menyewa tempat berjualan, semisal di pusat perbelanjaan.Biaya tersebut tentu berat bagi brand yang masing merangkak. Pasalnya, bagi pengelola pusat perbelanjaan, setiap meter lokasi adalah uang. Untuk menekan biaya sekaligus mengefisienkan pemasaran, e-commerce tentu dapat menjadi pilihan. Selama beberapa dekade pemilik local brand Indonesia sulit mendistribusi barang karena sulit mendorong tempat berjualan offline bisa menerima produk mereka.
0 comments