Masyarakat dunia khususnya Indonesia cenderung menggunakan internet sebagai media komunikasi. Peluang besar tersebut menjadikan media sosial atau medsos sebagai salah satu strategi jitu E-commerce, yaitu sebagai jembatan pemasaran atau jalur produk layanan yang dapat menggebrakan bisnis anda dengan cara lebih efisien dan menguntungkan. Dimana produk yang dijual lewat media sosial akan menjadi lebih dekat dengan masyarakat, menyentuh masyarakat hingga menjadi bagian dari kehidupan masyarakat itu sendiri.
Pre Sales
Memaksimalkan cara menggunakan media sosial sebagai lalu lintas pasar bisa dilakukan dengan banyak jalan. Media sosial sendiri memang sangat beragam.
Namun bila lebih dikerucutkan dengan ukuran pemakaian user dengan lalu lintas komunikasinya terbanyak hanya ada beberapa. Diantaranya ada Facebook, Twitter, Instagram, Youtube dan Pinterest. Pemasangan iklan atau profil di situs – situs jejaring sosial yang notabennya memiliki banyak user membuat produk yang di pasarkan akan semakin membuming keberadaannya. Level ini kita sebut Pre sales.Memaksimalkan cara menggunakan media sosial sebagai lalu lintas pasar bisa dilakukan dengan banyak jalan. Media sosial sendiri memang sangat beragam.
Post Sales
Tak hanya sebagai media promosi, level Post sales menjelaskan bahwa media sosial dapat digunakan sebagai media pendekatan dengan konsumen melalui sentuhan yang berbeda. Di kategori ini medsos difungsikan untuk layanan pelanggan (Customer Services), Customer Relationship Management (CRM), serta sebagai wadah masukan konsumen untuk pengembangan produk maupun layanan yang dipasarkan. Sayangnya, masih jarang bagi pelaku E-commerce yang mengaplikasikan Post sales untuk produknya. Bukankah akan menjadi suguhan menarik bagi konsumen yang mendapat layanan khusus? Bukankah akan menjadi daya tarik tersendiri bagi konsumen yang akan memakai produk atau layanan anda? Think again!
Tak hanya sebagai media promosi, level Post sales menjelaskan bahwa media sosial dapat digunakan sebagai media pendekatan dengan konsumen melalui sentuhan yang berbeda. Di kategori ini medsos difungsikan untuk layanan pelanggan (Customer Services), Customer Relationship Management (CRM), serta sebagai wadah masukan konsumen untuk pengembangan produk maupun layanan yang dipasarkan. Sayangnya, masih jarang bagi pelaku E-commerce yang mengaplikasikan Post sales untuk produknya. Bukankah akan menjadi suguhan menarik bagi konsumen yang mendapat layanan khusus? Bukankah akan menjadi daya tarik tersendiri bagi konsumen yang akan memakai produk atau layanan anda? Think again!
Sales
Namun yang jangan sampai terlewatkan, adalah Strategi yang lebih menggigit dan menggelitik untuk melebarkan jangkauan produk melalui media sosial yaitu Sales, yang berarti media sosial digunakan dalam proses Sales itu sendiri. Situs – situs jejaring sosial difungsikan sebagai promo penjualan sekaligus menerima pemesanan langsung. Dimana situs yang digunakan berguna untuk menginformasikan terus – menerus informasi tentang produknya. Strategi ini memiliki lapisan – lapisan lagi yang akan mempermanis dalam meningkatkan Sales melalui media sosial, diantaranya menggunakan konsep AIDA, membuat komunitas mengenai produk yang dijual, memberikan solusi pada komunitas, serta membuat inovasi produk dari kebutuhan komunitas dan masih banyak lagi.
Namun yang jangan sampai terlewatkan, adalah Strategi yang lebih menggigit dan menggelitik untuk melebarkan jangkauan produk melalui media sosial yaitu Sales, yang berarti media sosial digunakan dalam proses Sales itu sendiri. Situs – situs jejaring sosial difungsikan sebagai promo penjualan sekaligus menerima pemesanan langsung. Dimana situs yang digunakan berguna untuk menginformasikan terus – menerus informasi tentang produknya. Strategi ini memiliki lapisan – lapisan lagi yang akan mempermanis dalam meningkatkan Sales melalui media sosial, diantaranya menggunakan konsep AIDA, membuat komunitas mengenai produk yang dijual, memberikan solusi pada komunitas, serta membuat inovasi produk dari kebutuhan komunitas dan masih banyak lagi.
Jadi bagaimana? Sudah tidak sabar memaksimalkan penggunaan media sosial sebagai salah satu strategi E-Commerce? Segera pelajari konsep AIDA sebagai salah satu cara untuk meningkatkan Sales lewat media sosial.
0 comments