Wednesday, April 13, 2016

Developer Indie Ini Malah Stress Akibat Kesuksesan Game Mereka, Mengapa?



Anda mungkin merasa heran mengapa Dong Nguyen, seorang developer game indie yang sukses mendadak lewat game Flappy Bird dan bisa mencetak penghasilan sebesar $50 ribu (mungkin setara dengan Rp 600 juta) per hari malah memutuskan untuk menarik game buatannya dari App Store dan Google Play Store. Menurut pengakuannya, Nguyen merasa bahwa kesuksesan tersebut malah menyerang privasinya sehari-hari dan membuatnya tak bisa menikmati hidup layaknya seseorang dengan kehidupan normal.

Well, gejala yang dialami oleh Dong Nguyen tersebut rupanya juga terjadi pada beberapa developer game indie sukses lainnya. Alih-alih merasa bangga dan senang, para developer tersebut malah diserang perasaan bersalah atas kesuksesan instan mereka. Mengapa?

The New Yorker baru-baru ini menerbitkan sebuah artikel yang isinya wawancara dengan sejumlah developer game indie sukses, namun malah merasa kurang nyaman dengan kesuksesan mereka, dan berikut ini adalah beberapa di antaranya.

Yang pertama adalah Rami Ismail, salah seorang developer yang turut menciptakan game Ridiculous Fishing; sebuah game memancing yang sukses memenangkan Design Award di ajang Apple WWDC 2013 dan mencetak pendapatan $1 juta dalam 6 bulan pertama. Ismail menceritakan bahwa selama proses pembuatan, dirinya dan rekannya membuat Ridiculous Fishing dengan meminjam ruangan di kantor tempatnya bekerja dan hanya memakan mi instan selama proses pembuatan.

"Di satu titik, Anda sadar bahwa Anda telah bekerja sangat keras, bahkan mengorbankan stabilitas Anda dan juga mengambil resiko bangkrut untuk jangka waktu yang cukup lama. Anda melakukan hal orang lain mungkin enggan untuk melakukannya, dan hal tersebut akhirnya mendapatkan timbal balik yang sangat layak. Tapi walapun begitu, rasanya tetap tidak mengenakkan. Saya tetap tak bisa mengusir bayangan tentang bagaimana ibu saya berangkat bekerja setiap hari."



Ibu Ismail adalah seorang pekerja kantoran di instansi pemerintahan kota di Belanda. "Sejak kecil saya sering melihat ibu saya bangun jam 6 pagi setiap hari, lalu bekerja sepanjang hari, pulang, memasakkan makan malam untuk saya dan saudara saya sambil marah-marah karena saya terlalu lama memainkan komputer.

"Hal pertama yang menjadi beban di pikiran saya adalah ketika saya tertidur pulas, saya telah mencetak penghasilan yang jauh lebih banyak daripada yang dihasilkannya setahun penuh. Dan saya melakukannya hanya dengan menciptakan sebuah game untuk ponsel tentang memancing ikan dengan menembakkan sebuah senapan mesin."

Selain Ismail, ada juga kreator game Stanley Parable yaitu Davey Wreden yang malah merasa terisolasi dan depresi setelah game buatannya sukses besar dan mengubahnya menjadi seorang miliuner. Kreator Super Meat Boy yaitu Edmund McMillan juga merasa bersalah karena kesuksesannya malah menginspirasi orang-orang lain untuk meninggalkan pekerjaan mereka dan lebih fokus dalam membuat mobile game, padahal peluang sukses di dunia mobile game sangatlah kecil.

Baik Ismail maupun Dong Nyuyen juga mengakui kalau kesuksesan game buatan mereka adalah murni keberuntungan, mirip seperti memenangkan lotere.

Saat ini para developer game ini tak terlalu memerlukan sebuah kantor; mereka bisa bekerja sendirian via laptop di manapun, entah di perpustakaan, di dalam kamar, atau tempat manapun yang membuat mereka lelulasa bekerja. Ketika proses pembuatan game selesai, mereka bisa menyerahkannya ke App Store atau Steam untuk menangani distribusi game secara global.

Para developer tersebut kemudian berhak untuk mendapatkan 70 persen pendapatan dari penjualan game via Steam atau App Store, dan uang tersebut siap ditransfer tiap akhir bulan.

Namun masih sangat banyak game yang tak bisa menghasilkan banyak uang. Anda bisa lihat bahwa tiap bulannya, ribuan game baru muncul di Steam atau App Store. Apple memang sempat mengatakan kalau mereka telah membayar $1 miliar untuk para developer di tahun 2012; namun Forbes memperkirakan bahwa rata-rata pendapatan dari sebuah game masih di kisaran $4000. Jika sebuah game bisa sukses, baru developer tersebut bisa menikmati pendapatan hingga jutaan dollar dalam hitungan minggu.
Load disqus comments

0 comments