Thursday, March 24, 2016

Mayoritas Masyarakat Indonesia Akses Internet by Mobile

Indonesia adalah salah satu negara yang tergila-gila dengan perangkat mobile. Dan selain untuk berkomunikasi, perangkat mobile tersebut sering digunakan untuk mengakses media sosial. On Device Research, perusahaan riset yang berfokus pada sektor mobile, membuat laporan yang menjelaskan seberapa besar pengaruh media sosial, dan juga perangkat mobile, di negara ini.

Terlihat jelas bahwa untuk bisa menggapai sebanyak mungkin pelanggan, startup Indonesia – terutama yang bergerak di sektor e-commerce – harus memanfaatkan platform mobile dan media sosial sebaik mungkin. 

Faktanya adalah :
  • Dari 247 juta orang populasinya, 24 persen masyarakat Indonesia adalah pengguna internet.
  • Uniknya, 62 persen dari pengguna internet tersebut mengakses internet melalui perangkat mobile, dan kurang dari 10 persen dari mereka yang punya akses internet di rumah.
  • 92 persen dari pengguna internet di Indonesia memiliki akun Facebook, dan 75 persen dari pengguna Facebook di Indonesia mengakses jejaring sosial ini melalui perangkat mobile.
  • Di samping TV, internet sudah menjadi sumber informasi utama, mengalahkan koran. 60 persen pengguna internet sudah mengandalkan internet untuk mendapatkan informasi.
  • Aplikasi chatting adalah metode komunikasi utama pengguna handphone. 90 persen responden mengaku menggunakannya tiap hari, dan 60 persen menggunakannya berkali-kali dalam sehari.
  • Jumlah rata-rata aplikasi chatting yang dimiliki oleh pengguna handphone di Indonesia adalah 4,2 aplikasi, dengan WhatsApp, BlackBerry Messenger (BBM), dan Line menjadi tiga aplikasi yang paling banyak digunakan.
  • Pelanggan e-commerce lebih memilih berbelanja secara online melalui situs belanja online biasa (20 persen), media sosial (26 persen), grup di aplikasi chatting seperti BBM (27 persen), dan situs forum atau iklan baris online seperti Kaskus dan Tokobagus (27 persen).

Load disqus comments

0 comments