Thursday, February 25, 2016

Bapak Online Shopping


Online Shopping dicetuskan dan dipelopori oleh Michael Aldrich di Inggris. Pada tahun 1979 ia menghubungkan televisi domestik yang telah dimodifikasi melalui jalur telepon ke komputer pemroses dengan transaksi multi-user secara realtime. Dia memasarkan dengan sistem ini dari tahun 1980 dan berjualan dengan Business-to-Business sistem. Dimana system ini telah diaplikasikan di Inggris, Irlandia dan Spanyol. Ada sejumlah pengalaman pertama dunia yang signifikan meningkat dengan aplikasi baru ini di bidang tour & travel, kendaraan dan penjualan suku cadang, pinjaman keuangan, dan credit rating. Aplikasi ini dan lainnya bermigrasi ke internet pada tahun 1990-an meskipun beberapa sistem nya masih digunakan pada tahun 2000.

Hanya ada dua proyek Business-to-Consumer pada tahun 1980-an, baik menggunakan sistem Aldrich, Gateshead SIS dengan Tesco dan tak lama setelah itu, Bradford Centrepoint dengan Wm. Morrison. Kedua proyek menggunakan supermarket daripada gudang untuk pemenuhan pesanan. Kedua proyek merupakan eksperimen pelayanan sosial tetapi mereka membuktikan konsep penjualan kelontong secara online dan pengiriman ke rumah / home delivery.

Business-to-bisnis belanja online memiliki nilai ekonomis dari awal tapi Business-to-Consumer belanja online tidak begitu menguntungkan sampai meluasnya penggunaan PC dan Internet pada tahun 1990-an.

Tim Berners-Lee menciptakan World Wide Web server dan browser pada tahun 1990. Pada tahun 1992 Charles Stack membuka toko buku online pertama di dunia dan pada tahun 1994 Jeff Bezos memulai Amazon. Pada tahun yang sama NETSCAPE memperkenalkan enkripsi SSL yang membuat transfer data secara online yang aman. Online banking juga mulai pada tahun 1994 dan Pizza Hut membuka toko pizza online. Pada tahun 1996, eBay dibuka dan Tesco memulai layanan belanja online.

The UK pasar belanja online yang bernilai lebih dari £50 miliar pada tahun 2008. Tesco mungkin adalah dunia toko kelontong online terbesar di tahun 2009 serta menjadi penyedia belanja online utama untuk produk non-makanan. Dunia pasar belanja online di tahun 2008 mungkin lebih dari $ 500 miliar.

SUMBER :
Aldrich, M. 2011. "Internet Online Shopping", http://www.aldricharchive.com/internet_online_shopping.html, diakses pada 25 Februari 2016.
Load disqus comments

0 comments