Sunday, February 28, 2016

10 Faktor Unggul dalam e-commerce

Maraknya bisnis dot.com berdampak pada semakin intensifnya kompetisi di antara setiap perusahaan online. Untuk itu, dibutuhkan 10 faktor kunci yang diharapkan bisa memberikan keunggulan kompetitif dibandingkan para pesaingnya :


  1. Faktor 5E, meliputi :
    • Extra value (nilai lebih dibandngkan pesaing dan bisnis konvensional offline),
    • Experience (berupa excitement, entertainment, dan kesempatan untuk menilai dan mencoba produk secara virtual sehingga konsumen tertarik untuk mengunjungi situs perusahaan yang diharapkan akan berlanjut ke transaksi),
    • Expert information (situs yang user-friendly dengan kandungan informasi berbobot yang mudah dipahami),
    • Electronic solution (solusi interaktif dan real-time),
    • Empowerment (konsumen diberdayakan atas dasar mutual trust, sehingga yang mengendalikan interaksi dan menentukan tipe informasi yang diterima).





  2. Faktor 5C, meliputi :

    • Customer orientation (berfokus pada kebutuhan dan keinginan pelanggan),
    • Creativity (inovasi berkesinambungan, bahkan berani melakukan 'creativedestruction'),
    • Comitment (dukungan penuh pada merek perusahaan, terutama selama periode panjang yang diwarnai kemajuan lamban),
    • Core competences (berfokus pada perkembangan kapabilitas unik dan kritis),
    • Capital (akses ke sumber daya atau intuisi keuangan dan kesedian untuk menggunakan sumber daya keuangan yang tersedia).

    Pustaka :
    Diana, A., dan Tjiptono, F.(2007).E-Business.Yogyakarta: Penerbit ANDI
Load disqus comments

0 comments