Maraknya bisnis dot.com berdampak pada semakin intensifnya kompetisi di antara setiap perusahaan online. Untuk itu, dibutuhkan 10 faktor kunci yang diharapkan bisa memberikan keunggulan kompetitif dibandingkan para pesaingnya :
- Faktor 5E, meliputi :
- Extra value (nilai lebih dibandngkan pesaing dan bisnis konvensional offline),
- Experience (berupa excitement, entertainment, dan kesempatan untuk menilai dan mencoba produk secara virtual sehingga konsumen tertarik untuk mengunjungi situs perusahaan yang diharapkan akan berlanjut ke transaksi),
- Expert information (situs yang user-friendly dengan kandungan informasi berbobot yang mudah dipahami),
- Electronic solution (solusi interaktif dan real-time),
- Empowerment (konsumen diberdayakan atas dasar mutual trust, sehingga yang mengendalikan interaksi dan menentukan tipe informasi yang diterima).
- Faktor 5C, meliputi :
- Customer orientation (berfokus pada kebutuhan dan keinginan pelanggan),
- Creativity (inovasi berkesinambungan, bahkan berani melakukan 'creativedestruction'),
- Comitment (dukungan penuh pada merek perusahaan, terutama selama periode panjang yang diwarnai kemajuan lamban),
- Core competences (berfokus pada perkembangan kapabilitas unik dan kritis),
- Capital (akses ke sumber daya atau intuisi keuangan dan kesedian untuk menggunakan sumber daya keuangan yang tersedia).
Pustaka :
Diana, A., dan Tjiptono, F.(2007).E-Business.Yogyakarta: Penerbit ANDI
0 comments