Wednesday, April 27, 2016

Kesipulan tentang CMS



Content Management System (CMS) adalah sebuah sistem yang digunakan untuk mengolah konten website. CMS memberikan kemudahan kepada para pengguna dalam mengelola dan mengadakan perubahan isi sebuah website dinamis tanpa dibekali dengan pengetahuan tentang hal-hal yang bersifat teknis seperti coding. Setelah melakukan instal dan review 10 CMS ternyata masing-masing CMS dapat dikategorikan sesuai dengan kegunaannya dalam mengelola konten sebuah website yaitu :
1. CMS untuk Blog : Wordpress
2. CMS untuk Ecommerce : Prestashop, Opencart, Magento, Thelia, Oscommerce, Concrete5
3. CMS untuk edukasi atau sekolah : Moodle
4. CMS untuk portal berita : Popoji, ModX
Laporan ini adalah sebuah pembelajaran komparatif sekaligus pembelajaran awal tentang cara instal dan review CMS untuk membuat sebuah website. Dikatakan sebagai pembelajaran awal, karena kami berharap dapat melanjutkannya menjadi sebuah penelitian lebih lanjut yang melibatkan data dan variabel (segmen pengguna dan variabel lain) yang lebih variatif dan luas. Keuntungan pembuatan website untuk pribadi maupun corporate adalah untuk mempublikasikan karya dan juga untuk mempromosikan sebuah produk dengan efektif.
Berdasarkan penjabaran mulai dari instal, review dan benchmark masing-masing CMS, kami menyimpulkan untuk menggunakan CMS Prestashop untuk final project pembuatan Startup. Prestashop memiliki fitur-fitur yang handal dalam pengembangan website ecommerce dan user friendly serta adanya SEO yang akan memudahkan kita dalam hal promosi.

Load disqus comments

0 comments