Saturday, March 5, 2016

Sejarah & Fitur LinkedIn

Sejarah Singkat LinkedIn


LinkedIn adalah situs web jaringan sosial yang sangat cepat perkembangannya, situs yang berorientasi bisnis ini, terutama digunakan untuk oleh jaringan profesional. Situs ini awalnya didirikan oleh  Reid Hoffman pada tahun 2002, dan secara resmi diluncurkan pada 5 Mei 2003. Pada tahun 2006, LinkedIn sudah dikenal oleh 20 juta orang. Sampai September 2007 situs ini memiliki lebih dari 14 juta pengguna terdaftar, meliputi 150 industri dan lebih dari 400 bidang ekonomi yang diklasifikasi menurut jasanya. Dan Juni 2013, LinkedIn melaporkan situs mereka telah memili akun pengguna lebih dari 259.000.000 yang tersebar di 200 negara.
LinkedIn yang memposisikan diri sebagai media sosial khusus profesional memiliki berbagai fitur yang berbeda dari media sosial lainnya, yaitu curriculum vitae (CV) online,
penghubung ke perusahaan dan calon pekerja serta tampilan berbagai berita yang relevan. Namun walau demikian, Linked in bukan hanya untuk orang-orang besar atau perusahaan besar saja! LinkedIn juga merupakan sumber daya berharga untuk usaha kecil karena kita dapat tumbuh dan mendorong hubungan bisnis baru jika kita mau menfaatkan fasilitas dari LinkedIn ini.

Fitur-Fitur LinkedIn

kebanyakan pengguna hanya menggunakan fitur utama LinkedIn, seperti CV online dan jejaring perusahaan atau karyawan. Sebenarnya, LinkedIn masih memiliki banyak fitur lainnya yang bermanfaat. Apa saja?
  • Portofolio Profil
  • Beberapa bulan yang lalu, LinkedIn meluncurkan fitur portfolio yang dapat ditambahkan bagian ringkasan, pengalaman atau pendidikan di profil pengguna. Fitur ini sangat berguna untuk pengguna yang berprofesi sebagai pekerja seni atau yang mereka berhubungan dengan dunia visual, seperti desainer grafis, ilustrator, sutradara, arsitek dan fotografer. Pengguna hanya perlu memasang taut ke situs/blog/video yang berisi karyanya dan LinkedIn akan otomatis mengolahnya untuk ditampilkan di profil pengguna.
  • LinkedIn Pulse
  • LinkedIn Pulse adalah halaman berisi berbagai berita yang ditulis oleh para pengguna LinkedIn lainnya. Dengan topik yang luas dan variatif, pengguna dapat melihat berita yang direkomendasikan LinkedIn pada bagian “Your News”, membaca post yang populer dari tokoh yang sukses di bidangnya pada bagian “Top Post” dan juga mencari topik lainnya di bagian “Discover”. Selain mendapatkan manfaat dari isi topik yang ditulis, pengguna dapat berinteraksi langsung dengan para penulisnya untuk memperluas jaringan.
  • LinkedIn Education
  • Fitur terbaru LinkedIn ini memampukan pengguna untuk mem-follow halaman universitas seperti halnya halaman perusahaan. Dengan begitu, pengguna dapat mengidentifikasi para alumni atau berita terbaru dari universitas mereka. Para perekrut juga dapat langsung memilih calon karyawan lulusan universitas yang mereka inginkan.
  • Database Kontak
  • LinkedIn menawarkan kemungkinkan untuk sinkronisasi daftar kontak dengan platform lainnya, seperti Gmail. Jika pengguna mengaktifkan fitur tersebut, ia dapat melihat dengan siapa saja interaksi yang terjadi baik dari LinkedIn maupun platform lain tersebut. Informasi dari profil kontak juga ditampilkan oleh LinkedIn. Untuk menggunakan fitur ini, klik ikon berbentuk roda di sebelah kanan atas halaman “Connections” lalu pilih platform email yang ingin disinkronisasikan.
  • Tag Kontak
  • Pengguna dapat memberikan tag pada setiap kontak untuk memberikan kategori agar dapat memudahkan pencarian. Beberapa nama tag yang populer untuk digunakan antara lain “kolega”, “bos”, “teman kuliah” atau “teman sekolah”. Selain kategori berdasarkan jabatan, jenis tag yang juga umum digunakan adalah tag berdasarkan jenis industri, seperti “marketing”, “desain” atau “hukum”. Untuk menggunakan fitur tag, letakkan kursor di atas nama pengguna di halaman kontak lalu klik “Tag”.
Load disqus comments

0 comments