Monday, February 29, 2016

Online Shop versus Traditional Shop

Berikut ini akan kami sampaikan beberapa kekurangan dari Toko Fisik dan kelebihan dari Online Store jika saling dibandingkan :
1. Toko Offline

Toko offline membutuhkan biaya pembangunan yang sangat besar sehingga banyak pengusaha muda yang masih enggan untuk memiliki toko fisik itu sendiri. Biaya pembuatan toko yang besar ini belum tentu sepadan dengan keuntungan yang didapatkan karena banyaknya saingan, belum lagi kita harus menerapkan strategi penjualan yang unik untuk membuat pembeli tertarik dengan barang dagangan kita.

Hal ini sangat memakan waktu dan menguras tenaga, jika tidak kita akan kalah dengan beberapa kompetitor yang bergerak dalam bidang yang sama, tentu saja hal ini sangat tidak diinginkan. Tidak sedikit pengusaha yang akhirnya tidak bisa melanjutkan usaha karena modal yang dimilikinya habis hanya untuk membangun atau menyewa kios, bisa dikatakan pengelolaan toko offline dapat memberikan dampak bagaikan besar pasak dari pada tiang. Beberapa kelemahan dari toko fisik adalah:
  • Biaya operasional yang cukup tinggi.
  • Harus memiliki stok barang terlebih dahulu.
  • Harus menggaji banyak karyawan.
  • Jaringan yang tidak terlalu luas.
  • Memiliki keterbatasan waktu dalam penjualan.
  • Keuntungan yang diperoleh sangat tipis.
  • Biaya promosi yang relatif tinggi karena harus memasang iklan di Koran maupun di radio.
Sudah menjadi hal yang lazim bahwa sebuah toko fisik membutuhkan biaya operasional yang tinggi. Biaya ini mencakup banyak hal seperti tagihan listrik, air, internet, dan iuran lainnya. Jika tidak dibayar maka sebuah toko fisik akan lumpuh dan tidak mampu beroperasi. Keuntungan yang didapatkan oleh pedagang kecil tetap tidak terlalu besar karena mereka harus menyisihkan untuk membayar biaya operasional.
Toko offline wajib menyetok barang. Semakin banyak barang yang disediakan maka konsumen akan semakin senang namun dampak kerugian yang besar bisa dialami jika ternyata barang tersebut tidak laku. Produk yang terlalu lama disimpan akan menjadi rusak dan tidak ada konsumen yang mau membelinya. Transaksi jual beli melalui toko fisik pada masa sekarang sering digunakan sebagai jalur alternatif saja mengingat saat ini sudah marak adanya transaksi jual beli melalui toko online yang dinilai jauh lebih mudah, baik bagi pembeli maupun bagi penjual.

 2. Toko Online (Online Store)

Keuntungan pertama jika berjualan online adalah modal yang kita tanamkan tidak besar karena tidak perlu membuat toko fisik. Bagi anda yang memiliki modal minim namun ingin mencoba berwirausaha, anda bisa menjadi dropshipper. Anda bisa menjual barang tanpa harus membelinya. Meskipun begitu, anda masih bisa membuka toko anda sendiri dan mendapatkan keuntungan dari supplier. Jika usaha dropshipping ini sudah mampu mengumpulkan modal yang cukup, anda bisa naik level menjadi seorang reseller. Dengan menjadi reseller, anda bisa mengontrol sirkulasi barang sendiri dan keuntungan yang diperoleh juga cukup besar. Beberapa keunggulan dari Online Store:
  • Menghemat biaya operasi karena toko online tidak harus menyediakan dana untuk menyewa lokasi untuk berjualan.
  • Pemilik toko online dapat mengeoperasikan dimanapun dan kapan pun selama ada koneksi internet.
  • Jangkauan pasar nya bisa lebih luas.
  • Tidak harus membayar karyawan.
  • Informasi yang ditampilkan bisa lebih banyak dan lebih menarik.
  • Tidak ada batasan waktu.
Keunggulan toko online yang terakhir adalah kemudahan dalam mengoperasikannya. Semua media social seperti Facebook, Twitter, Instagram dan lain sebagainya didesain secara sederhana sehingga tidak membingungkan pemakaiannya. Anda hanya perlu membiasakan diri dengan jejaring sosial yang anda gunakan. Tidak dibutuhkan skill khusus untuk bisa mengoperasikan sebuah akun kecuali jika anda memilih untuk membuka toko online melalui website. Untuk berinteraksi dengan pembeli juga bisa dilakukan sewaktu-waktu hanya melalui pesan. Anda tidak harus terus berada di depan komputer karena media sosial sudah bisa diakses melalui smartphone.
Selanjutnya keputusan ada pada anda, apakah anda siap untuk membangun sebuah toko fisik dikala perilaku masyarakat saat ini lebih mengarah pada penggunaan teknologi dalam kehidupan sehari-hari mereka, atau anda memilih untuk membuka online store yang dapat memberikan banyak keuntungan dan mudah dalam pengoperasiannya, semua keputusan ada di tangan anda, selamat mencoba.

Load disqus comments

0 comments