Tuesday, April 26, 2016

Kelebihan & Kekurangan WordPress


4.5.1 Kelebihan
1. Freeware atau gratis. Jadi Worpress memang didesain dengan sistem dasar yang gratis, meskipun ada beberapa template ataupun plugin yang mengharuskan pengguna membeli dengan memberikan fasilitas yang lebih baik. Akan tetapi memang sistem dasarnya gratis, sehingga tidak akan terlalu memakan biaya dalam membuatnya jika Anda hanya menghendaki tampilan yang standart.
2. OpenSource CMS. Artinya kita bisa melakukan edit script yang ada pada Wordpress, jadi bagi yang sudah professional dalam membuat coding html,css ataupun php. CMS ini sangat cocok karena anda dapat membuat sebuah site yang Unik dan Bagus dengan Gratis.
3. Mudah Digunakan. Kelebihan yang lain dari wordpress adalah dalam penggunaan. Bagi anda yang merasa megurus website adalag pekerjaan yang rumit, maka wordpress disini menawarkan sebuah solusi. Memang untuk beberapa advanced tambahan seperti perawatan system dari sebuah website memerlukan bantuan dari teknisi. Namun, dalam kegiatan yang akan dikelola seperti update sebuah artikel dan juga gambar. Dapat dilakukan dengan mudah denagn menggunakan wordpress, dan juga kira kira hanya membutuhkan waktu satu jam untuk tampilan standard dalam pembuatan CMS dari wordpress ini.
4. Aman. Walau bersifat terbuka, keamanan situs yang dibangun dengan wordpress memiliki keamanan yang dapat dikendalikan. Karena pada dasarnya apapun platform yang digunakan, baik yang terbuka ataupun tertutup, tak terkecuali dengan CMS berbayar sekalipun  sangat memungkinkan terdapat celah keamanan yang dapat dimanfaatkan oleh orang orang tak bertanggungjawab.
5. Fitur yang Dapat Diandalkan. Karena sifatnya yang open source, maka fitur-fitur di dalam wordpress berkembang sangat pesat dan selalu mengikuti perkembangan teknologi. Ribuan tema website (themes) maupun plugin, baik yang gratis maupun berbayar tersedia di wordpress.org untuk Anda download. Themes dan plugin ini akan mendukung Anda sesuai dengan tujuan pembuatan website. Keunggulan wordpress dalam konteks fitur ini merupakan salah satu hal yang menjadikannya sebagai CMS paling pouler di seluruh dunia.
6. SEO Friendly. Sudah bukan rahasia lagi bahwa SEO (Search Engine Optimization/Optimalisasi Mesin Pencari) adalah pekerjaan yang rumit untuk banyak orang, terutama yang tidak memilki latar belakang pengetahuan coding. WordPress adalah CMS yang bersahabat dengan mesin pencari seperti Google dan Bing. Disebut bersahabat, karena wordpress memang dibuat untuk dikenali oleh mesin pencari. CMS wordpress juga dilengkapi dengan berbagai plugin gratis yang dapat mendukung Anda untuk mengatur hal-hal penting berkaitan dengan SEO. Ini merupakan keunggulan wordpress yang cukup menguntungkan.
7. Website sekaligus Blog. WordPress mendukung penggunanya untuk membuat blog di dalam wordpress. Selain hal ini memudahkan pengguna untuk mengelola website (karena tidak perlu mengelola web dan blog secara terpisah), penggunaan blog di dalam website juga dapat meningkatkan polaritas halaman website yang bersangkutan. Mesin pencari dapat melakukan index, tidak hanya pada halaman depan, namun juga pada halaman blog dan posting blog. Semakin sering pengguna melakukan pembaharuan blog pada websitenya, maka akan semakin tinggi kemungkinan mesian pencari melakukan index pada website.
8. Tampilan yang Profesional dan Fungsional.  Tampilannya yang semakin profesional dan fungsional. Saat ini jutaan website di dunia menggunakan wordpress sebagai CMS dengan tampilan yang profesional. Fungsi HTML5 yang responsif juga terdapat pada CMS wordpress. Fitur HTML5 memungkinkan website untuk dapat diakses di berbagai media dengan berbagai ukuran dan berbagai browser.

4.5.2 Kekurangan
1. Untuk mengedit dan juga memodifikasi wordpress harus memiliki pemahaman dasar tentang PO sehingga agak sulit untuk pengguna atau user yang awam
2. Wordpress membutuhkan sumber daya server yang cukup besar, karena wordpress merupakan CMS yang cukup tinggi dalam penggunaan bebab server, sehingga jika trafik sudah tinggi atau pengguna yang terlalu banyak plugin yang sudah diinstall bisa terkena suspend dari pihak hosting.
3. Tidak dapat mengatur halaman Hosting. Karena wordpress.com adalah blog gratisan yang sudah menyediakan layanan hosting yang juga gratis, maka anda tidak bisa mengakses panel hostingnya. Bagaimana penagaturan dan sistem databasenya tidak akan bisa anda lihat apalagi pelajari. Jika anda ingin membuat script PHP sendiri untuk membuat form-form tertentu, jelas tidak bisa. Misalnya menjadikan blog anda sebagai blog forum, situs member, dan sejenisnya tidak bisa. Singkatnya, keleluasaan anda untuk mengoptimalkan blog seperti blog wordpress yang menggunakan hosting sendiri yang berbayar tidak akan bisa.
4. Konten atau blog tidak mutlak milik sendiri. Karena hostingnya bukan milik anda, maka semua konten dan status kepemilikan blog anda hanya bersifat semu, sama dengan engine blog-blog gratisan lainnya (blogger.com dan multiply misalnya). Anda sebenarnya hanya sebagai pengguna. Bukan pemilik mutlak atas blog anda. Karena jika sewaktu-waktu ada kebijakan dari pihak wordpress.com, misalnya menghapus konten blog anda, atau meniadakan layanan blog gratisan mereka, maka anda tidak bisa berbuat apa-apa, meskipun sejauh ini hal itu belum terjadi. Berbeda dengan jika anda menggunakan blog wordpress dengan hosting sendiri, dimana andalah pemilik dan penguasa mutlak atas blog anda sendiri.
5. Tidak leluasa untuk menata tampilan blog. Halaman CSS (cascading style sheet) adalah halaman yang sangat penting untuk mengatur script HTML untuk menata tampilan blog. Dengan CSS itulah kita akan leluasa untuk mengutak-atiknya. Tapi pada wordpress.com fasilitas ini tidak disediakan secara gratis. Anda baru bisa menggunakannya dengan membayar. Sedangkan fitur template untuk mengatur tampilan sangat terbatas. Hanya template-template tertentu dari pihak ketiga yang sudah menyediakan fiturnya. Dan biasanya hanya bisa mengganti header dan sidebar. Setidaknya itulah yang saya ketahui berdasarkan pengalaman saya pribadi
6. Tidak menerima script iklan bisnis google adsense. Sudah lazim dalam dunia blogging bahwa banyak blogger akhirnya menjadikan blog sebagai mesin bisnis. Baik blog gratisan apalagi yang berbayar. Dan kebanyakan bisnis internet dengan blog biasanya menggunakan bisnis melalui iklan. Nah, salah satu bisnis iklan (PPC = Pay Par Klik) yang paling popular di dunia adalah bisnis Google adsense, dimana untuk menampilkan iklannya harus menggunakan script atau bahasa kode. Tapi hingga tulisan ini saya luncurkan, setahu saya wordpress.com tidak bisa menerimannya. Begitu juga dengan script-script iklan tertentu. Berbeda dengan blogger.com yang memang milik google justru langsung built in untuk bisnis google adsense.Akan tetapi untuk bisnis lain tentu saja tetap bisa. Misalnya bisnis paid review, bisnis ebook, dan lain-lain.

Load disqus comments

0 comments