Saturday, April 2, 2016

Anda Yakin Penghasilan Blog itu Passive Income

Pada waktu awal-awal dulu saya mencoba mendapatkan uang dari blog, saya sering membaca dan mendengar bahwa penghasilan dari blog adalah termasuk passive income atau penghasilan pasif.
Iklan

Saya pikir, wah kalau begitu saya juga harus membuat blog untuk mencari uang. Siapa sih yang tidak ingin memiliki sumber penghasilan pasif? Yang bisa dinikmati seumur-umur tanpa harus kerja keras? Itulah yang ada dalam isi kepala saya waktu itu.


Namun, setelah sekarang saya jalani, ternyata saya ‘kecewa’ dan mulai berubah pikiran. Dan saya lalu mempertanyakan: apa benar penghasilan dari ngeblog termasuk passive income?

Sebelum kita bahas lebih lanjut, ada baiknya kita definisikan dulu, apa sebenarnya dimaksud dengan istilah passive income?

Saya temukan salah satu definisinya di wikipedia, disitu passive income diartikan sebagai “an income received on a regular basis, with little effort required to maintain it”.

Atau sebuah sumber penghasilan yang diterima secara teratur, dengan sedikit usaha untuk mempertahankannya atau mengelolanya. Lebih lanjut wiki pun memberikan contoh pemasukan yang tergolong ke dalam passive income ini, yaitu:

  • penghasilan dari bisnis yang tidak membutuhkan keterlibatan langsung dari pemiliknya
  • sewa properti
  • royalti dari penerbitan buku atau lisensi dari hak paten atau hak kekayaan intelektual lainnya
  • penghasilan dari periklanan internet di sebuah situs
  • dividen dari kepemilikan saham, dan
  • pensiunan
Seperti kita lihat pada poin keempat dari contoh di atas, terdapat penghasilan dari program periklanan internet di situs / blog. Jadi menurut wiki, mendapatkan uang dari blog dengan program periklanan adalah termasuk penghasilan pasif.

Tapi dari definisi yang diberikan, saya memberi perhatian lebih terhadap kalimat ‘dengan sedikit usaha untuk mempertahankannya atau mengelolanya’, sekarang pertanyaannya adalah: benarkah hanya diperlukan usaha yang sedikit untuk terus mendapatkan uang dari blog?

Dari banyak pengalaman mereka yang telah sukses di dunia blogging, ternyata untuk dapat menghasilkan uang dengan baik dari sebuah blog, diperlukan kerja keras yang luar biasa. Bukan dengan sedikit usaha, apalagi tidak berbuat apa-apa. Banyak hal yang harus dilakukan, seperti:
  • membuat posting setiap hari
  • bekerja keras untuk mempromosikan blog dan mendatangkan pengunjung
  • bekerja keras untuk menjaga sumber pendapatan, seperti menyiapkan produk, mencari sumber pendapatan baru, melayani klien yang memasang iklan, atau jika menjalankan program contextual ads seperti Adsense, maka harus terus memonitor dan melakukan optimasi, dan sebagainya
  • dan kerja keras di faktor lainnya, seperti SEO, memenej akun sosial media, membalas email, menjawab pertanyaan, memoderasi komentar, belum lagi masalah desain blog, ‘mengawasi’ pesaing, dan lain sebagainya.
Ada banyak hal yang mesti dikerjakan secara fokus, tidak setengah-setengah serta butuh kerja keras. Itulah yang membuat saya kembali bertanya, apakah mendapatkan dari blog masih bisa disebut sebagai passive income? Bagaimana pendapat Anda?
Load disqus comments

0 comments